Selasa, 11 Oktober 2011

Promosi Penjualan Diskon Ala Groupon: Trend E-Commerce Indonesia 2011



Berikut adalah artikel dimana membahas tentang berbisnis atau menjual produk dengan diskon yang dinamakan dengan "Groupon".
Bisnis ini yaitu dengan menggunakan diskon - diskon yang lumayan besar untuk menarik minat masyarakat agar membeli produk yang ditawarkan.

Promosi Penjualan Diskon Ala Groupon: Trend E-Commerce Indonesia 2011


Promosi penjualan diskon tengah berkembang kembali di Indonesia. Bahkan bentuk ecommerce yang diprediksikan akan mengalami booming pada pertengahan 2011, ternyata sudah mulai melonjak dalam beberapa minggu terakhir. Puluhan perusahaan di bidang IT mulai mengubah roda bisnis mereka menggunakan konsep Groupon.

“Groupon Concept” atau konsep Groupon sendiri mengalami perkembangan pesat di luar Indonesia. Beberapa negara berhasil dijelajahi hanya dalam tiga tahun, termasuk Amerika, Kanada, Brazil, Jerman, Yunani, Perancis, Inggris, Israel, Itali, Portugal, Spanyol, Jepang, Polandia, Turki, Mexico, Peru, Cili, Kolombia, dan Romania. Meski di akhir 2010 hanya kurang dari lima perusahaan yang menggunakan konsep promosi penjualan diskon, tidak sampai enam bulan kemudian trend e-commerce di Indonesia menunjukkan lahirnya puluhan website pengusung konsep Groupon ini.

Oleh karenanya, prediksi booming website penyedia layanan promosi penjualan diskon semacam Groupon pada pertengahan tahun 2011, nampaknya berjalan lebih cepat dan lebih tajam dari perhitungan siapapun. Pola promosi atau periklanan gaya baru ini berhasil mendorong merchant online dan offline untuk menawarkan diskon fantastis pada calon costumer, dan keberhasilan inilah yang melandasi konsep tersebut laris-manis sebagai trend e-commerce Indonesia.

Uniknya, promosi penjualan diskon di sini tidak berarti produk yang ditawarkan adalah produk online, apalagi produk virtual. Promosi penjualan diskon yang ditawarkan hampir seluruhnya (kalau tidak bisa dibilang semuanya) merupakan produk dari merchant offline, atau dengan kata lain, trend online ini ditujukan pada produk-produk offline.

Keuntungan Bersama
Anda mungkin bertanya-tanya, “Bagaimana cara sebuah website menjual diskon dari merchant, dan menjadi dasar trend e-commerce Indonesia?” Namun para pembeli sudah mengajak teman, sahabat, keluarga, sampai teman sekantor mereka untuk menikmati hidangan di salah satu merchant, ketika Anda masih bertanya-tanya soal ini. Ya! Promosi penjualan diskon dengan konsep Groupon memang berjalan sangat cepat. Dengan tawaran diskon yang lebih murah dibanding diskon biasanya, cukup mengajak banyak teman untuk mengklaim, dan selebihnya, bisa mendapat keuntungan lewat sistem ‘member get member’, membuat cara promosi ini lebih cepat dan masif dikenal orang banyak.

Di mata merchant, konsep Groupon sangat wajar menjadi trend e-commerce Indonesia. Promosi penjualan diskon dengan angka fantastis yang mereka tawarkan bisa ditutupi dengan membanjirnya jumlah pembeli, selain meraup keuntungan berlipat dari penjualan produk lain yang dijual dengan harga standar – tapi dibeli lebih banyak orang. Bahkan merchant merasa aman berpromosi, karena hanya perlu dibayar jika kuota yang disepakati sudah tercapai, sekalipun info produk dan perusahaannya sudah tersebar dan dibaca ribuan orang.


 #sumber

"Groupon" ini adalah salah satu usaha untuk menarik minat para pelanggan agar lebih bergairah dalam berbelanja atau membeli produk yang ditawarkan.
karena di Indonesia sendiri apabila produk yang dilabeli dengan kata "DISKON" maka mereka akan lebih memperhatikan dibandingkan dengan harga suatu produk yang tanpa dilabeli kata diskon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar